Selasa, 26 Mei 2015

Yuk, Mengenal Penyakit Cacar!

Hellow~
Welcome to my blog! 
Kali ini Hello Bubble mau ngebahas tentang salah satu penyakit kulit yang emang terkenal banget dan di sini Hello Bubble mau nambah sekilas tentang penyakit ini. Apa sih penyakit yang dimaksud? Silahkan scroll ke bawah dan Happy Read! 


A.      Sejarah Cacar

                Siapa sih yang nggak kenal penyakit yang satu ini? Yap, penyakit kulit yang sempat menggemparkan dunia karena menjatuhkan banyak korban jiwa ini dulunya belum diketahui penyembuhnya dan bagaimana mencegahnya. Namun, berkat jasa Jarkomo Phillarini (Osman, Turkey) dan Edward Jenner yang menemukan vaksin cacar, semuanya bisa diatasi dan kini cacar bukanlah penyakit yang dikhawatirkan kesembuhannya lagi.

                Diawali dengan Jarkomo Phillarini yang berusaha mengobati pasiennya dengan cara mengambil nanah cacar si pasien dan kemudian membuat luka di lengan pasien yang sehat dan mengoleskan nanah itu pada luka yang sudah dibuat memang berhasil untuk beberapa pasien namun tidak dengan beberapa yang lain. Hingga kemudian temuan Phillarini ini diteruskan oleh seorang mahasiswa kedokteran, Edward Janner, yang menemukan fakta mengejutkan seputar erupsi cacar yang membuat seorang gadis pemerah susu terkena cacar yang berasal dari puting susu sapi yang terkena cacar. Dari pernyataan gadis pemerah susu itu, dia terkena cacar karena tangannya luka saat memerah susu, dan karena puting susu sapi itu terkena cacar dan terjadi erupsi pada kantung susunya, ia pun tertular cacar. Gejala yang ia rasakan yaitu pening, mual, muntah – muntah. Namun, masa – masa suram itu hanya berlangsung beberapa minggu dan setelah itu ia kembali sehat dan tidak pernah terjangkit cacar lagi. Dari sinilah Edward bertanya – tanya, kenapa ada yang sehat dan meninggal karena satu sebab yang sama? Dan setelah melakukan penelitian dan percobaan, Edward menemukan jawaban mengenai Erupsi Cacar.

                Erupsi Cacar itu ada 2, beliau misalkan dengan Erupsi A dan Erupsi B
a.       Erupsi A : Telihat tidak mempunyai kekebalan.
b.      Erupsi B : Terlihat mempunyai kekebalan.

Akhirnya dari kesimpulan inilah Edward membuat vaksin cacar yang kemudian dapat mengobati setiap pasien cacar tanpa adanya korban meninggal dunia. Kemudian Edward pun mempublikasikan temuannya lewat bukunya tentang Sebab Akibat dari Vaksin Cacar yang berhasil menghilangkan penyakit cacar di dunia dengan sempurna saat itu berdasarkan deklarasi WHO tahun 1980.

B.      Macam – macam Cacar

Pandangan kaum awam yang menyebut cacar apapun itu bentuknya dan di mana cacar itu timbul adalah cacar air adalah salah ya guys. Jadi cacar itu sebenernya ada 2, yaitu :
a.       Herpes Zoster : Cacar yang disebabkan oleh Varicella Zoster dan menyerang seluruh tubuh. Bisa leher, paha, tangan, bahkan lidah loh!

                                            Contoh gambar Herpes Zoster pada perut

b.      Herpes Genetalis : Cacar yang menyerang terutama pada alat kelamin.

Gambar Herpes Genetalis 


C.      Apa itu Vaksin?
     Erat kaitannya dengan penyembuhan cacar, vaksin sendiri sebenarnya terbuat dari bahan antigenik (menyebabkan penyakit) yang dilemahkan sehingga sifat patogeniknya hilang sehingga dapat mencegah sekaligus mengurangi pengaruh infeksi yang disebabkan oleh suatu organisme. Vaksin bukan Cuma buat cacar loh, buat campak, folio, dan sel – sel degeneratif (kanker) juga bisa. Keren kan?

D.      Cacar Air
     Cacar air adalah cacar yang menular melalui kontak langsung dengan penderita atau benda yang digunakkannya. Gejalanya adalah demam selama 1 – 2 hari, tidak ada selera makan, tubuh lemah, dan sakit kepala. Biasanya cacar ini bisa sembuh dengan sendirinya. Penularannya akan jauh lebih tinggi jika penderita mengidap radang paru – paru.

   Itulah sekilas tentang Cacar. Bener - bener sekilas kan? Ane kan nggak pernah boong #watados hehe, sekian aja dari Hello Bubble. Semoga bermanfaat dan Thanks for visit ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar