Sabtu, 23 Mei 2015

5 MAKANAN INDONESIA TERUNIK


      Hai Bubblers dan readers yang udah mampir buat liat makanan - makanan apa aja yang termasuk unik di Indonesia. Penasaran? Yuk scroll ke bawah buat liat apa aja sih makanan - makanan itu. Happy reading ^^

1. Kerupuk Melarat

     Posisi pertama ada Kerupuk Melarat nih guys. Kenapa disebut Kerupuk Melarat? Soalnya, cara masaknya itu pake pasir. Kok bisa ya masak pake pasir? Sebenernya yang bikin kerupuk itu mengembang bukanlah pasirnya, kerupuknya bisa mengembang itu karena panas dari api. Fungsi dari pasirnya sendiri adalah untuk menambah cita rasa. Kerupuk Melarat ini adalah salah satu makanan khas dari Cirebon loh. Cara masaknya enggak ribet - ribet kok, tinggal sediain kompor tradisional seperti di gambar, kalo pake kompor gas sih bisa nggak? Bisa sih, cuman kan nggak etis dan rasanya pasti beda. Bukan cuma itu, masaknya pun jadi susah kan, karena wajan yang digunakan itu harus gede soalnya proses pemasakannya itu harus sering diaduk tuh biar kerupuknya melar sempurna. Terus sediain pasir, tergantung kalian mau masak kerupuk seberapa banyak, tapi masaknya itu sedikit - sedikit nggak bisa langsung banyak. Pertama, panasin pasirnya terus kerupuk mentahnya dimasukin ke pasir. Udah tuh, aduk - aduk deh, tapi pelan dan pake hati ya, dan jangan terlalu sering kayak ngaduk sup, kira - kira kalo kerupuknya udah ada bagian yang melar diaduk biar bagian yang lain juga melar.






2. Sayur Rebung

   Lanjut ke makanan selanjutnya, ada Sayur Rebung! Rebung atau Bung sendiri sebenernya sebutan buat bambu muda atau tunas bambu. Ada satu kisah yang secara turun temurun diceritakan tentang makanan yang satu ini loh. Jadi suatu hari di zaman dulu (?) ada seorang Belanda yang bertamu di rumah orang Indonesia, pribumi itu menyuguhkan sayur yang satu ini dan membuat orang Belanda itu bertanya - tanya karena menurutnya sayur itu sangatlah enak. Pas dikasih tahu sama si tuan rumah kalau sayur itu terbuat dari bambu muda, si orang Belanda itu berpikir kalo bambu yang masih muda aja enak, apalagi bambu yang tua. Sekilas aja sih, buat pegetahuan cerita rakyat (?) Kembali ke sayur rebung, cara masak sayur ini nggak terlalu ribet loh. Siapkan bumbu - bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri disangrai, kunyit dibakar. terasi dibakar, tumis deh semuanya. Lalu tambahkan daun salam, lengkuas , daun jeruk, dan cabai sebagai penyedap dan penambah aroma, tumis sampai harum.Tambahkan rebung, labu siam, garam, dan gula. Aduk rata. Tuang santan. Masak sampai matang. Dan jadi deh Sayur Rebungnya!


3. Onde - onde

 
   Di tempat ke tiga ada Onde - onde. Salah satu jajan tradisional Indonesia ini cukup dipertanyakan bagaimana cara membuatnya oleh orang - orang asing yang mencicipinya. Apa anehnya dari onde - onde ini? Yang orang - orang asing herankan adalah bagaimana kita memasukan isi onde - ondenya, lalu gimana bisa orang Indonesia bisa sabar nempelin biji wijennya satu per satu. Sebenernya pertanyaan ini mungkin hanya anekdot atau cerita rakyat biasa yang dengan sendirinya membuat jajan yang satu ini populer. Isi dari onde - onde sendiri sih terserah si pembuat ya, tapi yang tradisional dan cikal bakalnya onde - onde sendiri berisi kacang hijau tumbuk yang sudah digumpalkan.


4. Lontong


 Selanjutnya ada Lontong. Mungkin yang satu ini udah terkenal banget soalnya makanan yang satu ini biasa dipake buat pengganti nasi karena bahan dasarnya sama yaitu padi. Tapi Lontong ini lebih lembut teksturnya, dan udah nggak berbentuk biji padi lagi tapi udah seperti bubur yang padat. Uniknya dai makanan ini adalah bentuk dari lontong yang dibungkus daun pisang berlapis - lapis. Lontong sendiri biasa dimakan bareng aneka sayur, atau makanan tradisional Indonesia lainnya seperti Sayur Opor, Sayur Rebung, Sayur Kentang, dan masih banyak lagi. Cara masaknya cukup mudah yaitu kita buat wadahnya dulu pake daun pisang yang dilipat berlapis - lapis memanjang, masukan beras yang sudah bersih, masukkan ke panci yang sebelumnya udah di kasih air yang dipanaskan, antara air sama lontongnya hari di beri pembatas soalnya takut lontongnya terlalu lembek. Masak sampai airnya habis atau sekiranya sudah matang, dalam pemberian air jangan terlalu banyak soalnya bisa merusak tekstur lontongnya.


5. Ketupat

  Di posisi lima ada Ketupat yang nggak terlalu beda sama lontong. Terbuat dari beras dan sama - sama dimasak dalam sebuah wadah. Bedanya hanya terletak pada pembungkusnya, ketupat ini dibungkus dengan anyaman daun kelapa. Cara masaknya sama seperti lontong. Ketupat ini biasanya dimakan sama orang Indonesia saat Hari Raya Islam atau acara - acara keagamaan seperti hajatan atau upacara kedaerahan. Penyajiannya sendiri biasa dibarengi dengan sayur - mayur sama seperti lontong.



  Itulah makanan - makanan Indonesia yang unik - unik. Gimana? Penasaran sama rasanya? Menarik kan? Iya dong, kuliner Indonesia kan udah terkenal enak. Buat Bubblers dan segenap readers yang mau mencobanya jangan lupa buat bagi - bagi buat ane ya, hehe. Sekian dari Hello Bubble, Thanks for read.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar